KEHIDUPAN | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Jumat, 23 November 2012

POHON YANG BISA HUJAN

Pada suatu hari, seekor beruang kecil dan seekor puma kecil bertemu didalam hutan. Beruang kecil menceritakan sebuah cerita aneh kepada puma kecil, "Kemarin siang, saya sedang tidur dibawah sebuah pohon besar, tiba-tiba, hujan deras menyiram ke badan saya membuat saya terbangun.

Saya membuka mata melihat, matahari bersinar dengan terik, selain dibawah pohon yang basah, disekeliling saya tidak ada bekas hujan." Puma kecil berkata, "mana ada pohon yang bisa hujan, engkau bercanda ya ?" Beruang kecil menjawab dengan serius, "Ini benar-benar terjadi. Engkau tidak percaya, ayo kita sama-sama pergi melihat pohon tersebut."

Ketika itu siang hari, matahari sangat terik, mereka berdua bergegas berjalan ke arah pohon tersebut, setelah sampai dibawah pohon hujan turun dengan deras, sehingga mereka berdua basah kuyup, tetapi di sekeliling pohon tersebut tidak ada tanda-tanda turun hujan.

"Benarkan! sekarang engkau sudah percaya ?" beruang kecil berkata, puma kecil menganggukkan kepala sambil dengan tatapan heran memandang ke pohon tersebut berkata, "Sungguh mengherankan, kenapa pohon bisa hujan ?"

Mereka berdua dibawah pohon membahas sampai lama, tidak bisa menebak dan menemukan alasan pohon tersebut bisa hujan. Malam mulai gelap, seekor burung kecil melihat mereka berdua penasaran tidak bisa menemukan alasan kenapa pohon ini bisa hujan, dengan tertawa berkata kepada mereka, "ini adalah pohon hujan. Mengapa bisa demikian, kamu masih berada di bawah pohon membahasnya sepuluh hari sepuluh malam juga tidak akan jelas."

Tiba-tiba beruang kecil tersadar, "kita berdua bisa memanjat pohon, kenapa kita tidak memanjat ke atas pohon mencari penyebabnya ?" Puma kecil berkata, "Benar, kenapa dari tadi tidak terpikir untuk berbuat demikian ?' Maka mereka berdua naik keatas pohon untuk mencari tahu.

Rupanya, daun dari pohon ini sangat panjang dan lebar, ditengahnya melengkung masuk kedalam. Daun pohon hujan ini bisa menampung air dan tetesan embun, setelah malam hari embun tersebut ditampung didalam daun ini semakin lama semakin banyak sehingga tercipta sebuah "kantong". Jika diperhitungkan setiap daun dapat menampung 1 ml air, maka seluruh pohon tersebut begitu banyak daun apa yang akan terjadi ? Untuk mencari tahu kenapa pohon tersebut bisa hujan, mereka berdua malam itu menginap dan memperhatikan diatas pohon.

Keesokan paginya beruang kecil dan puma kecil terbangun dari tidurnya diatas pohon, mereka melihat kantong didaun tersebut mengalami perubahan; ketika daun-daun tersebut terkena sinar matahari, "kantong" perlahan-lahan terbuka. Setelah siang hari, seluruh "kantong" sudah terbuka, air didalam kantong tersebut jatuh ke bawah sehingga membuat pohon tersebut hujan.

Ketika orang bertemu dengan masalah yang mereka tidak mengerti, kadang-kadang hanya dengan sebuah perkatan "sungguh mengherankan" lalu terhenti disana tanpa menyelidikinya, terkadang juga dengan perkiraan atau taksiran yang salah menyimpulkan masalah tersebut.

Jika kita dapat seperti beruang kecil dan puma kecil seperti cerita diatas, tidak hanya menerka, tetapi dengan bersungguh-sungguh dan berhati-hati menyelidikinya, maka kita akan mendapat jawabannya, sehingga bisa terhindar dari mengambil keputusan dan tidak salah menilai orang. [Elisabeth Wang / Banda Aceh] Sumber: Erabaru

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA