KEHIDUPAN | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Sabtu, 12 Januari 2013

BATU PENGHALANG

Ada seorang guru membawa sekelompok muridnya pergi ke gunung, tepat pada saat itu turun hujan deras, jalanan sangat licin, dan sulit dilalui.

Mereka melihat sebuah truk, sedang berhenti di puncak gunung di jalanan yang curam. Guru ini menunjukkan tangannya ke truk tersebut serta berkata kepada murid-muridnya, "Kalian lihat truk tersebut, sebentar lagi truk tersebut pasti akan terbalik." Murid-muridnya tidak mengerti maksud gurunya memandang ke truk tersebut berkata, "kenapa bisa begitu?"

Gurunya berkata, "Kalian saksikan saja". Setelah berkata demikian, mereka semua melanjutkan perjalanannya.

Mereka baru melangkah 10 langkah, tiba-tiba mereka mendengar suara keributan yang berasal dari jalan digunung tersebut, mereka semua merasa heran membalikkan kepalanya untuk melihat, benar saja mobil truk tersebut telah terbalik dan terguling terjatuh dari jalan pegunungan.

Beberapa murid-muridnya segera merasa gurunya mempunyai kekuatan gaib yang seperti dewa. Mereka lalu bertanya, "Guru, kenapa engkau bisa tahu truk tersebut akan terbalik?"

Guru tersebut, "Setelah mengamati keadaan truk tersebut saya membuat kesimpulan."

Beberapa muridnya dengan serentak berkata, "Jika begitu tolong guru berikan petunjuk, sehingga kami juga dapat belajar."

Guru berkata, :"Coba kalian perhatikan, hari sedang hujan, di sepanjang jalan penuh dengan pasir dan lumpur sehingga jalan sulit dilalui, hanya di jalan yang mendaki keatas gunung tersebut yang mulus tidak ada lumpur dan pasir, sehingga gampang dilalui. Tetapi jalan tersebut sangat mendaki dan sempit, pada saat ini hujan, sehingga orang-orang tidak mempunyai pilihan hanya bisa melewati jalan mendaki tersebut. Sedangkan truk tersebut sungguh tidak tahu diri, ditambah lagi ia merupakan mobil tua tentu saja tidak mempunyai tenaga, setelah mendaki sampai ke puncak sudah mati mesin dan mogok ditengah jalan sehingga menghalangi orang lain, membuat semua orang lain tidak bisa lewat, sudah pasti dia terjungkal."

Setelah guru tersebut selesai berkata, semua muridnya menganggukkan kepala setuju, mereka mengagumi gurunya yang mempunyai pengamatan yang cermat.

Berikutnya gurunya dengan menasehati mereka semua melanjutkan perkataannya, "Di dunia ini masih ada yang lebih parah dari mobil truk ini, kalian harus ingat kejadian truk yang terbalik sebagai pelajaran! Di masyarakat ini ada orang yang menduduki posisi penting, tetapi tidak mempunyai kompetensi, mereka akan menjadi batu penghalang terhadap orang yang berkompetensi untuk berkembang, inilah hal yang paling berbahaya." [Sutedjo Tjiang / Sidoarjo] Sumber: Erabaru

***
Ingat ! Kami beserta Tionghoa seluruh Indonesia menunggu partisipasi Anda mengirim artikel -artikel tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa di kota tempat tinggal anda ke alamat email: tionghoanews@yahoo.co.id

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA