KEHIDUPAN | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Rabu, 09 Januari 2013

TIGA CARA SEDERHANA AGAR LEBIH BERSYUKUR

Perasaan bersyukur secara luas dapat didefinisikan sebagai "apresiasi atas hal-hal yang berharga dan bermakna bagi diri seseorang," menurut penelitian Gratitude and Well Being: The Benefits of Appreciation, oleh Randy A. Sansone, M.D., dan Lori A. Sansone, M.D., yang diterbitkan dalam Psikiatri (Edgmont), seperti diberitakan dalam National Center for Biotechnology Information.

Rasa syukur menawarkan perspektif lain dari hidup Anda, yang kadang-kadang dapat membantu menambah nilai hal-hal kecil. Ini membantu Anda melihat sisi baik dalam situasi, peristiwa, dan lain-lain. Juga dapat membantu Anda mengenali nilai yang ada dalam hidup Anda, dan mungkin yang lebih penting, membantu Anda tersenyum.

Berikut tiga cara sederhana yang dapat membuat Anda menjadi orang yang lebih bersyukur.

* Mulailah dengan Jurnal Bersyukur

Setiap malam, mulailah menulis sebagai bagian dari rutinitas tidur malam. Tuliskan minimal lima hal yang Anda syukuri. Pikirkan hal-hal yang bernilai bagi Anda, hal-hal yang memiliki arti tersendiri bagi Anda, dan tuliskan.

Ini adalah cara mudah untuk menjadi pribadi yang lebih optimis, karena meski kita dihadapkan pada sekian banyak tantangan dalam hidup, namun ada banyak hal yang patut disyukuri.

* Temukan Sisi Baik Seseorang

Jika kita ingin mendefinisikan rasa syukur sebagai apresiasi atas hal-hal yang berharga dan bermakna bagi kita, maka temukan sisi baik pada orang-orang di sekitar Anda. Kadang-kadang kita memandang negatif terhadap seseorang karena kita melihat mereka berdasarkan dendam di masa lalu, konsep-konsep buruk, dan kemarahan yang terpendam.

Meskipun mungkin berharga untuk mengatasi masalah itu, kenyataannya kita tidak bisa mengubah orang lain. Jika kita serius ingin memperbaiki hubungan kita dengan orang lain, maka kita harus mulai mengubah pemikiran kita sendiri.

* Tunjukkan Rasa Syukur Anda

Mungkin ada banyak hal yang telah dilakukan oleh pasangan, teman dekat, atau saudara secara teratur untuk Anda namun Anda menganggapnya sebagai hal yang wajar.

Mulailah menunjukkan rasa terima kasih Anda ketika seseorang melakukan sesuatu untuk Anda. Hal ini mungkin -atau mungkin saja tidak- berdampak pada orang lain, tapi yang pasti akan membantu Anda mendapatkan perasaan kepuasan yang lebih besar tentang hubungan Anda dengan mereka.

Ketiga langkah sederhana ini bisa kita lakukan agar menjadi pribadi yang lebih bersyukur. Ketika kita lebih bersyukur, secara alami kita akan menjadi lebih optimis. Dan optimisme telah dikaitkan dengan hidup yang lebih lama dan sehat. [Susanti Lim / Pontianak]

***

Ingat ! Anda juga bebas mengirim artikel-artikel "berita, internasional, budaya, kehidupan, kesehatan, iptek & kisah" ke dalam blog ini melalui email: tionghoanews@yahoo.co.id

Mari kita bersama-sama dukung blog Tionghoanews.com dengan cara membagikan (share) ke dalam halaman facebook, twitter & google+ anda.

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA