KEHIDUPAN | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Rabu, 15 Februari 2012

PERKAWINAN TELAH DITAKDIRKAN, HARUS SALING MENGHORMATI

Pada zaman Dinasti Tang, ada seorang pria bernama Wei Gu yang tinggal di Duling, Tiongkok. Sejak usia muda ia telah menjadi yatim piatu.

Setelah dewasa, dia ingin menikah dan memiliki keluarga secepat mungkin. Dia memercayakan seseorang untuk mencarikan istri, tapi tidak berhasil.

Pada tahun kedua Yuanhe (806-820 SM), ia melakukan perjalanan ke daerah Qinghe dan tinggal di penginapan selatan dari Kota Songcheng. Seorang tamu di penginapan menyarankan agar ia melamar putri Sima Panfang, yang tinggal di Songcheng.

Mereka membuat sebuah janji untuk bertemu keesokan harinya di pintu masuk Kuil Longxing membahas masalah tersebut.

Untuk menunjukkan bahwa dia serius tentang pernikahan, Wei berada di tempat yang telah ditentukan sebelum fajar. Ketika ia sampai di sana, ia melihat seorang tua duduk di tangga kuil membawa daftar buku di bawah sinar bulan. Wei tenang melihat daftar buku, tapi ia tidak bisa mengenali tulisan judul buku.

Wei bertanya pada orang tua, "Buku apa itu? Saya telah belajar keras sejak masih kecil, dan sangat jarang saya temui karakter yang saya tidak kenali. Saya bahkan dapat membaca bahasa Sansekerta. Namun, saya tidak bisa membaca buku itu, buku apa itu? "

Orang tua itu tersenyum dan menjawab, "Ini adalah buku dari dunia lain, tentu saja Anda belum pernah melihat. Saya dari dunia lain dan saya bertanggung jawab atas urusan di sini. Saya tidak seharusnya menemui Anda, karena kita dipisahkan oleh yin dan yang, tetapi Anda datang ke sini lebih awal, saya juga tak menyangka dapat bertemu Anda."

"Oh, Anda adalah seorang Dewa, Anda bertanggung jawab atas apa?" Tanya Wei.

Dia menjawab, "Saya bertanggungjawab atas pernikahan di dunia ini."

Wei merasa senang dan bertanya kepadanya," Saya menjadi yatim piatu ketika masih kecil, jadi saya ingin cepat menikah sehingga saya dapat memiliki keturunan. Saya telah meminang banyak gadis selama puluhan tahun, tetapi tidak berhasil. Saya akan bertemu teman di sini hari ini untuk berbicara tentang menikahi putri Sima Pancheng yang tinggal di Songcheng. Apakah ia jodoh saya?

Orang tua itu mengatakan kepada Wei, "Bukan dia. Jika Anda tidak ditakdirkan untuk menikah dengan seseorang, bahkan jika dengan seseorang status sosial yang rendah dan Anda berkenan menikahinya, itu tetap tidak akan berhasil. Istri Anda baru saja melewati ulang tahun tiga tahunnya. Dia akan menikah dengan Anda ketika dia 17 tahun."

Wei lalu meminta orang tua itu, "Apa yang Anda bawa dalam tas Anda?"

Dia menjawab, "Tali jodoh pernikahan. Saya menggunakannya untuk mengikat kaki suami dan istri bersama-sama di dunia manusia, tapi tak dapat anda lihat karena berada di dimensi lain. Ketika seseorang dilahirkan, ia sudah memiliki tali di kakinya terikat pada suami atau istri masa depannya. Tidak masalah jika keduanya adalah musuh, atau jika satu kaya dan yang lainnya miskin, atau jika mereka hidup di dua sudut paling terpencil di dunia. Setelah tali pengikat merah

mereka bersama-sama, mereka tidak bisa mengubah takdir mereka. Kaki Anda terkait dengan seseorang. Tidak ada yang akan mengubahnya, terlepas dari antusiasme Anda mencari pernikahan sekarang."

Wei bertanya, "Di mana istri saya? Apa yang keluarganya kerjakan?"

Orang tua itu menjawab, "Istri Anda adalah putri dari seorang wanita dengan nama belakang Chen. Dia menjual sayuran di pasar utara penginapan."

"Bisakah saya melihatnya? " Wei bertanya.

Chen sering membawa putrinya ke pasar. Ikuti saya, saya bisa menunjukkan dirinya kepada Anda," kata orang tua itu.

Teman Wei tidak muncul hari itu. Wei mengikuti orang tua ke pasar. Seorang wanita tua buta membawa seorang gadis tiga tahun berjalan ke arah mereka. Pakaian gadis lusuh dan dia tampak jelek. Pria tua itu menunjuk pada gadis itu dan mengatakan kepada Wei bahwa dia adalah istrinya.

Wei menjadi sangat marah: "Itu bukan calon istri saya!" Saya tidak mau dengannya, saya akan membunuhnya!"

"Gadis itu memiliki masa depan yang sejahtera, dan dia akan memiliki kehidupan yang kaya dengan Anda. Dia tidak harus dibunuh," kata orang tua, dan kemudian ia menghilang.

Wei sangat marah, "Hantu tua tidak masuk akal. Saya lahir dari keluarga terdidik dengan status sosial tinggi. Saya harus menikahi seseorang yang sederajat. Bahkan jika saya tidak pernah menikah, saya bisa bersahabat dengan beberapa wanita cantik. Mengapa saya harus menikahi putri jelek seorang wanita buta?"

Dia mengasah pisau dan memberikan kepada pelayannya, "Kamu orang yang cakap. Jika Anda membunuh gadis ini demi saya, saya akan membayar Anda dengan banyak uang."

Keesokan harinya, pembantu Wei meletakkan pisau di lengan bajunya dan pergi ke pasar untuk membunuh gadis itu. Kerumunan orang-orang menjadi kacau. Wei dan pembantunya berhasil lolos selama kekacauan itu. Dengan gelisah dia menanyai pembantunya apakah ia menikam gadis itu. Pembantunya berkata kepadanya, "Saya bertujuan menikam hatinya tapi saya menikam antara alis matanya. Lalu kita ketahuan dan buru-buru kabur."

Setelah itu, Wei terus berusaha mencari istri, namun selalu gagal.

Empat belas tahun kemudian, Wei bekerja di bawah Wang Tai melalui kenalan ayahnya. Wang adalah kepala Kejaksaan di Xiangzhou. Wang mengagumi kemampuan Wei dan memutuskan untuk memperkenalkan putrinya yang berusia 17 tahun menikah denganWei. Putri Wang berbudi luhur dan cerdas. Dia cantik tapi selalu menyisipkan bunga antara kedua alisnya. Dia tidak akan melepaskannya bahkan ketika dia mandi atau sendirian.

Setahun setelah mereka menikah, Wei tiba-tiba ingat pembunuhan di pasar beberapa tahun sebelumnya dan meminta istrinya cerita tentang bunga itu. Istrinya menangis dan berkata kepadanya, "Saya diadopsi oleh Wang Tai, kepala kejaksaan. Ayah saya pernah menjadi hakim di Kota Songcheng. Ketika dia meninggal, saya masih bayi. Ibu dan kakak saya tak lama menyusul meninggal di kebun selatan Songcheng. Saya tinggal dengan pengasuh, Chen. Karena kami tinggal dekat dengan pasar, Chen menjual sayuran. Ketika saya berusia tiga tahun, gangster menikam saya saat Chen membawa saya di pasar, meninggalkan bekas luka antara alis saya karenanya saya menutupi dengan bunga. Sekitar tujuh tahun lalu, ketika ayah di Lulong, ia mengadopsi saya sebagai putrinya."

Wei bertanya kepada istrinya apakah Chen buta. Istrinya menegaskan hal itu dan bertanya bagaimana ia tahu tentang hal itu. Wei mengatakan bahwa ia adalah orang yang memerintahkan pembunuhan itu dan menceritakan semua yang terjadi saat itu, dan meminta maaf dengan tulus.

Setelah mereka mengetahui apa yang terjadi, mereka bahkan lebih menghormati satu sama lain. Mereka memiliki seorang putra dan menamainya Kun. Ketika Kun dewasa, ia menjadi seorang kepala prefektur di Yanmen. Setelah hakim dari Songcheng memahami kisah mereka, dia menamai penginapan Wei tinggal 14 tahun lalu dengan Hotel Perjodohan.

Cerita ini mengatakan kepada kita bahwa pernikahan ditakdirkan. Telah diputuskan berdasarkan pada kebajikan dan karma seseorang dan tidak dapat diubah.Wei menolak untuk mengakui takdirnya. Dia tidak akan pernah tahu bahwa istrinya akan berubah dari seorang gadis jelek menjadi wanita cantik berbudi luhur. Dia mengejar istri dengan status sama dan nasib baik tidak mengubah apa pun kecuali meninggalkan bekas luka di wajah cantik istrinya.

Di masyarakat telah terjadi kemerosotan moral. Hubungan antara pria dan wanita kacau. Suami dan istri berzinah, saling meninggalkan dan bertengkar satu sama lain, dan mengakhiri pernikahan mereka dengan perceraian. (Kisah ini didasarkan pada Li Fuyan itu buku Xu xuan guai lu) [Renata Koh / Jakarta]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA