KEHIDUPAN | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Selasa, 14 Februari 2012

MEMBACA TANPA MEMAHAMI

Pada jaman dahulu, hidup seorang pemuda yang suka membaca dengan suara yang lantang dan keras.

Ilustrasi

Meski membaca dengan suara lantang, ia tidak pernah benar-benar memahami isi bacaannya. Ia hanya memahami bagian-bagian penting yang ia baca, atau bahkan mungkin tidak memahami sama sekali. Namun demikian ia menganggap dirinya berilmu.

Suatu hari ia pergi untuk membeli buah-buahan. Di pasar buah orang tua penjual pir mengatakan kepadanya pir mentah baik untuk gigi seseorang tapi buruk bagi limpa seseorang.

Penjual kurma tua lain mengatakan kurma mentah baik untuk limpa seseorang tapi buruk untuk gigi.

Mendengar kata-kata itu, orang yang sok pintar berkata bahwa ia mengetahui cara untuk memperoleh manfaat nutrisi dari keduanya, sambil menghindari efek samping negatif.

"Saya bisa mengunyah pir, tetapi tidak menelannya dan menelan kurma tanpa mengunyahnya, dengan melakukan ini, baik gigi dan limpa saya tidak akan terluka," katanya.

Dia melakukan apa yang dia katakan dan tersedak oleh kurma.

Lelucon ini melahirkan pepatah, menggunakan informasi tanpa mencernanya, atau membaca tanpa memahami. [Teo Ai Ping / Jakarta]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA