KEHIDUPAN | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Kamis, 15 Desember 2011

HARGA DIRI

Sehabis peperangan, terjadi bencana kekeringan, rakyat jelata hampir tidak bisa hidup lagi. Pada tahun ini, di negara Qi selama 3 bulan tidak turun hujan, semua sawah menjadi kering, padi dan tanaman lainnya semua mati kekeringan. Orang miskin setelah memakan habis daun-daun pohon akhirnya hanya bisa memakan kulit pohon, orang miskin satu persatu mati kelaparan, sedangkan lumbung padi di rumah orang kaya penuh, mereka dapat memakan sepuasnya dan berfoya-foya.

Ada seorang kaya bernama Qian, dia melihat banyak orang yang mati kelaparan, dia dengan sikap sombong ingin menunjukkan kelebihannya pura-pura ingin menolong orang miskin. Dia menyediakan roti dipinggir jalan, mendermakan kepada rakyat miskin. Setiap ada orang miskin yang datang, dia akan melempar sebuah roti kepada mereka, serta berteriak dengan sombong, "Hei pengemis, ini untuk kamu makan!" Terkadang datang beberapa orang miskin, Qian dengan sombong melempar beberapa roti melihat orang miskin ini berebutan mengambil, kadang juga bersaing dengan kucing atau anjing yang kelaparan, dia dengan tertawa mengejek melihat perbuatan mereka, dia merasa sangat senang, mengganggap diri sendiri adalah seorang Yesus yang berbelas kasih.

Tiba-tiba, ada seorang yang kelaparan sampai kurus kering datang mendekatinya, rambutnya berantakan, bajunya compang camping, memakai sepasang sepatu butut yang diikat dengan tali rumput, dia memakai bajunya yang compang camping menutupi wajahnya serta berjalan terhuyung-huyung mendekati Qian, karena sudah beberapa hari tidak mengisi perutnya, dia hampir sudah tidak dapat menopang badannya lagi. Qian melihat gayanya lalu dia mengambil 2 buah roti, berjalan ke arah orang miskin ini berteriak kepadanya, "Hei, ayo makan ini!" orang miskin ini seperti tidak mendengar teriakannya, tidak memperdulikan Qian, melihat kejadian in Qian berteriak lagi, "Hei pengemis, apakah engkau tidak mendengar? Ini untuk kamu!"

Terlihat orang miskin ini tiba-tiba berdiri, melihat kepada Qian dan berkata, "Simpan makanmu itu, walaupun saya mati kelaparan tidak akan memakan makanan yang engkau berikan itu" Qian sama sekali tidak menyangka, walaupun sudah hampir mati kelaparan orang miskin ini tidak kehilangan harga dirinya, Qian merasa sangat malu, tidak dapat berkata apapun.

Melihat semangat dan harga diri orang miskin ini pantas kita kagumi, malahan orang kaya yang menurutnya membantu orang lain, sebenarnya ingin menghina dan mempermainkan orang-orang miskin, perbuatan baiknya bukan murni keluar dari hati nuraninya, oleh sebab itu perkataan orang miskin ini membuat dia sangat malu. [Zhang Mei Ling / Jakarta / Tionghoanews]
 
Sumber Artikel: Google Search Engine

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA