KEHIDUPAN | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Sabtu, 11 Mei 2013

MELEPASKAN

Ketika Sakyamuni memberikan khotbah, ada seorang Brahmana, kedua tangannya membawa bunga mempersembahkan kepada Sakyamuni.

Saat dia berada di hadapan Sakyamuni, Sakyamuni berkata kepadanya, "Lepaskan!"

Brahmana ini segera melepaskan dan meletakkan bunga di tangan kirinya.

"Lepaskan!" Sakyamuni berkata lagi.

Brahmana segera melepaskan dan meletakkan bunga yang dipegang di tangan kanannya.

"Lepaskan lagi!" Sakyamuni berkata lagi.

Brahmana melihat ke dua tangannya yang sudah kosong, kenapa Sakyamuni menyuruh dia melepaskan lagi, apa yang harus dilepaskan? Dia dengan bingung bertanya kepada Sakyamuni.

"Guru, bunga di kedua tangan saya telah saya lepaskan, engkau masih menyuruh saya melepaskan, apa yang harus saya lepaskan lagi?"

Sakyamuni berkata kepadanya, "Engkau harus melepaskan semua keterikatan di dalam hatimu."

Sakyamuni menyuruh Brahmana melepaskan, bukan hanya melepaskan "Bunga" benda yang berwujud, tetapi harus melepaskan semua yang tak terwujud seperti keterikatan dan sebagainya. Semuanya harus dilepaskan, sehingga dapat mencapai keadaan kosong, ini baru benar-benar melepaskan.

Akhirnya Brahmana mematuhi  ajaran Buddha Sakyamuni, ditekankan dalam hal melepaskan, dia bertekad akan memperbaiki dirinya dan berkultivasi dengan sungguh-sungguh, akhirnya dia dapat mencapai buah status. [Merry Huang / Menado]

***
Mari kita bersama-sama dukung Tionghoanews dengan cara kirim berita & artikel tentang kegiatan & kejadian Tionghoa di kota tempat tinggal anda ke alamat email: tionghoanews@yahoo.co.id

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA