KEHIDUPAN | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Minggu, 18 November 2012

RAHASIA MEMILIKI BANYAK TEMAN

Buatlah orang merasa penting. Apakah saya harus mengatakannya lagi? Buatlah orang merasa penting. Ya betul! Anda mungkin akan bertanya, "Mengapa? Maksud saya, apa gunanya membuat mereka merasa penting? Bukankah itu masalah mereka sendiri jika mereka tidak merasa diri sendiri bagus?"

Baiklah, mari sejenak merenungkan mengapa perlu untuk membuat seseorang merasa penting. Mari kita mulai dengan sebuah pertanyaan. Apakah ada sesuatu yang anda sangat perlukan? Sesuatu yang anda harus miliki.

Ya, kita memerlukan oksigen. Pasti. Dan ya, makanan dan air sangat penting juga. Siapa yang dapat hidup tanpa hal tersebut? Bahkan hewan dan tumbuhan juga memerlukan makanan dan air. Apa yang kita lakukan setelah memiliki makanan berlimpah? Ya, apapun yang anda pikirkan, yang anda perlukan. Jika anda memikirkan tentang tempat tinggal, anda benar lagi! Itu adalah sebuah kebutuhan.

Menurut Abraham Maslow, seorang psikolog terkenal yang menjabarkan Hirarki Kebutuhan, kebutuhan dasar kita, seperti makanan, oksigen, tempat tinggal dan air, dimasukkan sebagai kebutuhan fisik. Tetapi ada pertanyaan lain untuk anda. Ketika segala kebutuhan fisik anda telah terpenuhi, apa yang anda paling perlukan? Apa yang anda paling butuhkan?

Anda ingin merasa penting dan dicintai, bukankah demikian? Maslow menyatakan mengenai kebutuhan perasaan dikenal sebagai "kebutuhan harga diri". Dia berkata bahwa kebutuhan ini adalah sama pentingnya dengan kebutuhan dasar. Apakah anda mengerti? Jadi adalah sebuah kebutuhan bagi seseorang untuk merasa penting, merasa dihargai dan diakui.

Dengan betitu, ini adalah sebuah kebenaran besar yang harus anda ingat:

Jika anda ingin orang menanggapi anda secara positif, buatlah mereka merasa penting. Semakin anda membuat mereka merasa penting, semakin mudah anda membuat teman!

Setiap orang yang menganggap diri mereka sendiri sebagai manusia ingin merasa penting. Kita semua menginginkan seseorang untuk membuat kita merasa special, apakah itu teman, atasan, teman sekolah, pasangan hidup ataupun hanya sekedar kenalan.

Dan berikut ini adalah pertanyaan lain, bagaimana anda membuat seseorang merasa penting? Bacalah sepuluh tips efektif berikut ini!
 
1. SEMUANYA DIMULAI DENGAN SEBUAH SENYUM

Persahabatan sejati dimulai dengan senyum sederhana. Itulah mengapa untuk membuat orang merasa penting, senyum adalah sebuah keharusan! Berikanlah kepada teman anda sebuah senyum yang tulus secara berkala. Hal tersebut akan membuat pendekatan yang bersahabat dan menunjukkan bahwa anda tidak ingin mencelakakan mereka.

George Eliot berkata,"Pasanglah sebuah senyum dan bertemanlah, pasanglah sebuah muka cemberut anda akan mendapatkan kerutan."

Mana yang akan anda pilih, sahabat atau kerutan? Saya pikir jawaban untuk hal tersebut sangatlah jelas, maka tersenyumlah!

2. BERTANYALAH

Ya, anda membacanya dengan benar. Bertanyalah! Orang-orang akan sangat tersanjung jika anda bertanya karena hal tersebut menunjukkan bahwa anda tertarik akan apa yang mereka katakan. Sebagai tambahan! Hal tersebut berarti bahwa anda berminat untuk mendengar! (Meski kadang kala, anda tidak.) Untuk memancing pembicaraan, bertanyalah dengan pertanyaan yang terbuka. Ini adalah jenis pertanyaan yang memerlukan penjelasan lebih lanjut, yang tidak dapat dijawab hanya dengan satu kata.

Sebagai contohnya, "Bagaimana caranya anda mampu untuk memanjat pohon tersebut tanpa menumpahkan segelas kopi yang anda bawa?" atau "Jika anda lahir di San Fransisco, bagaimana caranya anda sekarang ini berada di Virginia?"

Albert Einstein pernah berkata, "Hal penting adalah anda tidak berhenti bertanya." Pengarang Amerika, Henry David Thoreau, menulis, "Pujian terbesar yang saya pernah terima adalah ketika seseorang bertanya kepada saya apa yang saya pikirkan dan kemudian menyimak jawaban saya."

3. MENDENGARKAN!

Saya pikir saya mendengar anda berkata,"Oh sangatlah mudah! Saya selalu mendengarkan setiap saat!"

Apakah anda benar-benar mendengarkan? Ketika seseorang berbicara kepada anda, apakah anda yakin anda benar-benar mendengarkan, atau anda hanya mendengar sepotong demi sepotong kata saja? Atau mungkin, ketika orang sedang berbicara, anda berpikir bagaimana cara menjawab! Marilah kita pikirkan, kita mungkin harus berhitung seberapa banyak sebenarnya kita mendengarkan. Hal ini tidak baik. Kita harus belajar untuk benar-benar mendengarkan dan mengerti apa yang dibicarakan.

4. LIHATLAH PADA MATA MEREKA

Bukan, kita tidak bermaksud untuk menakut-nakuti mereka! Anda mempertahankan kontak mata dengan orang yang berbicara dengan anda, untuk menunjukkan bahwa anda mendengarkan. Tetapi jangan melotot! Tetapi alihkan mata anda sesekali. Jika, untuk beberapa alasan, anda tidak dapat melihat ke mata mereka, fokuslah pada batang hidung mereka. Kedengarannya lucu, tetapi percayalah, hal tersebut dapat berhasil! Akan terlihat selayaknya seperti anda melihat pada mata mereka.

M. Scott Peck berkata, "Anda tidak dapat benar benar mendengarkan seseorang dan melakukan hal lain pada waktu yang bersamaan."

5 . CONDONGKAN BADAN ANDA SEDIKIT KE ORANG YANG BERBICARA.

Ini adalah indikasi lain bahwa anda mendengarkan. Tetapi catatlah! Condongkan badan anda sedikit saja, sehingga tidak terlihat bahwa anda berusaha untuk mengintimidasi pembicara. Bahasa tubuh adalah bahasa tanpa kata-kata yang menunjukkan bahwa anda mendengarkan.

6. JANGAN MENGINTERUPSI

Hal ini mungkin yang paling sulit untuk dilakukan, terutama jika anda memiliki sesuatu untuk dikatakan mengenai topik tersebut. Tetapi ingatlah apa yang dikatakan oleh Martin  Farquhar Tupper, "Diam yang tepat, akan memiliki bobot lebih banyak dibandingkan dengan kata-kata."

7. DIAMLAH SEJENAK SEBELUM ANDA MENJAWAB

Diam sejenak mengindikasikan bahwa anda mendengarkan orang tersebut dan bahwa pembicaraan tersebut penting bagi anda.

8. SEBUTLAH NAMA MEREKA BEBERAPA KALI

"Saya sangat setuju dengan anda, Mas Budiman."

"Kamu betul, Maria!"

Benjamin Disraeli berkata, "Berbicaralah kepada orang-orang tentang diri mereka, dan mereka akan mendengarkan selama berjam-jam."

9. SELALU GUNAKAN "ANDA" DAN "MILIK ANDA"

Sales yang sukses menggunakan taktik ini karena hal ini akan membuat orang-orang merasa penting. Karena akan kedengaran bahwa pembicaraan tersebut berputar di sekitar mereka, dan mereka sangat menyukainya. Jangan sering menggunakan kata "Saya, atau milik saya."

10. BERIKAN PENEKANAN POSITIF.

Hargailah apa yang mereka lakukan. Beritahukan apa yang anda sukai dari mereka dan beritahukan mengapa anda menyukainya. Tetapi jangan sampai terlalu bersifat pribadi.

Itulah sepuluh tips untuk membuat orang-orang merasa penting. Sekarang anda siap untuk berteman! Pergilah dan gunakanlah sepuluh tips ini dan saya jamin, anda akan membuat banyak teman baru dalam waktu yang singkat! [Paoline Zheng / Jakarta]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA