KEHIDUPAN | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Jumat, 19 Oktober 2012

ORANG YANG TIDAK PERNAH PUAS AKAN MENDERITA

Di Prancis pernah ada seorang wanita cantik yang berasal dari keluarga miskin, setelah dewasa dirinya menikah dengan seorang pegawai negeri sipil.

Bagi keluarganya, kondisinya ini sudah terhitung cukup baik, namun setelah menikah, ternyata wanita ini setiap hari terlihat murung dan kerap mengasihani diri sendiri di depan cermin, selalu berpikir dalam hatinya.

"Saya terlahir tidak lebih jelek dari orang, mengapa menikah ke dalam lingkungan rumah tangga demikian, tidak punya rumah yang menyenangkan atau ruang utama yang mewah, apalagi pelayan yang melayani?" Dia setiap harinya merasa kesal untuk hal itu.

Suatu hari, sang suami membawa pulang selembar undangan pesta dansa pernikahan dari atasannya, undangan ini diperoleh dengan susah payah setelah mencoba meminta bantuan pada banyak orang, sebab sang istri pernah mengatakan kalau sangat ingin sekali hadir dalam satu pesta dansa yang mewah.

Bagi mereka, ini merupakan sebuah kehormatan, sang suami berpikir, "Istriku semestinya sangat senang sekali, tetapi nyatanya dia tidak begitu senang." Sang suami lalu bertanya mengapa dirinya tidak senang, sang istri menjawab, "Jika ikut pesta dansa dengan pakaian terlalu sederhana tentu akan ditertawai orang, lebih baik tidak usah ikut."

Kemudian istrinya menambahkan, "Saya butuh satu set pakaian pesta yang mewah, jika dikenakan di tubuh barulah cocok." Sang istri menyukai satu set gaun malam yang harganya 400 Frank Prancis, sedangkan uang simpanan sang suami setelah bekerja keras banyak tahun hanyalah 400 Frank lebih sedikit, namun mengingat sang istri benar-benar telah hidup susah bersamanya, sang suami dengan berat hati menarik semua uang simpanan dan membelikan pakaian pesta tersebut.

Tetapi ternyata sang istri  tetap tidak terlalu bergembira, sang suami kembali bertanya apa yang masih kurang, sang istri menjawab, "Walau sudah ada pakaian pesta, namun jika tiada perhiasan apa pun di tubuh, misalnya kalung atau cincin, bukankah ini menunjukkan terlalu sederhana?"

Mendengar itu, sang suami dipenuhi perasaan bersalah, juga tidak berdaya, akan tetapi tiba-tiba muncul sebuah ide dalam batin sang suami, dia mengingatkan sang istri, "Bukankah kamu ada seorang teman yang kerap mengenakan perhiasan gemerlapan, berdasarkan hubungan dekat kalian, seharusnya tidak sulit untuk meminjam sebuah perhiasan darinya."

Sang istri menjawab, "Betul juga! Kenapa saya tidak teringat padanya?" Sang istri lalu menyampaikan maksudnya kepada teman tersebut, ternyata temannya itu dengan sangat murah hati mengeluarkan semua perhiasannya untuk dipilih, setelah memilih agak lama, akhirnya sang istri memilih sebuah kalung berlian, dia merasa kalau kalung ini paling cocok dengan identitas dirinya dan sebanding dengan pakaian pestanya, temannya itu dengan murah hati meminjamkannya.

Pada hari pesta, sang istri muda belia ini mengenakan pakaian pesta yang mewah dan kalung berlian yang mahal itu, ternyata dia berhasil menarik pandangan kagum dari banyak hadirin, serta mendapatkan banyak pujian, hal itu membuatnya sangat senang dan puas hati.

Sehabis pesta, sepasang suami istri ini pulang dengan sangat gembira. Setelah tiba dirumah, ternyata kalung berlian yang dipakainya telah hilang! Dia tidak tahu bagaimana hendak menjelaskan kepada temannya, sehingga dengan terpaksa dia meminjam banyak uang ke sana ke mari demi membelikan sebuah kalung berlian yang sama persis untuk dikembalikan kepada temannya.

Setelah 4 - 5 tahun kemudian, suatu hari temannya bertemu dengan sang istri dan melihat kalau dirinya berubah menjadi sangat pucat dan lesu, bahkan tangannya juga berubah menjadi sangat kasar, temannya lalu menanyakan kabarnya dengan penuh simpati.

Sang istri lalu menjawab dengan penuh penyesalan, "Dulu saya menghilangkan kalung berlian yang saya pinjam darimu, maka demi menggantikannya terpaksa meminjam banyak uang, saya harus bekerja keras untuk membayar hutang, sampai sekarang saja hutangku masih belum lunas semuanya!"

Mendengar itu temannya merasa pilu di hati dan juga bersalah padanya,"Tahukah kamu? Kalung berlian saya dulu adalah imitasi!" "Apa? Imitasi! Tetapi saya membelikan kalung berlian asli untuk dikembalikan kepadamu! Benar-benar saya telah kerja dengan susah payah selama beberapa tahun ini."

Dari kisah ini dapat diketahui bahwa jika seseorang memiliki sifat suka pada kementerengan yang lahiriah, itu bagaikan tertembus panah pertama; dikarenakan suka pada kementerengan yang lahiriah, lalu mencari kenikmatan yang mewah tapi tidak realistis, itu bagaikan tertembus panah kedua, jika masih terus tidak mau sadar juga, maka pada akhirnya tentu akan memperoleh buah penderitaan.

Saya mengatakan, bagaikan orang yang sakit, "sakit jasmani" sudah cukup mendatangkan penderitaan, maka jangan lagi ditambah dengan "sakit batin", kalau tidak tentu hanya akan menambah parah penyakitnya dan menjadi lebih menderita lagi.

Pendek kata, dalam menghadapi penderitaan dan kesenangan di luar, harus ditangani dengan tenang hati, jika tiada keinginan untuk mengejar sesuatu, juga tiada perasaan bosan dan hendak lari darinya, maka dengan sendirinya hidup akan dapat dilalui dengan lebih bahagia, nyaman dan tanpa ganjalan di hati.

Dikutip dari buku "Aku cinta keluargaku" karangan Master Cheng Yen. [Ernawati H / Medan] Sumber: Kebajikan

PESAN KHUSUS

Silahkan kirim berita/artikel anda ke ke alamat email: tionghoanews@yahoo.co.id

MENU LINKS

http://berita.tionghoanews.com
http://internasional.tionghoanews.com
http://budaya.tionghoanews.com
http://kehidupan.tionghoanews.com
http://kesehatan.tionghoanews.com
http://iptek.tionghoanews.com
http://kisah.tionghoanews.com

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA