KEHIDUPAN | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Selasa, 18 September 2012

BERHATI-HATI PADA PENYANJUNG

Menurut Laut Shishuoxinyu, Kaisar Tang Taizong masa Dinasti Tang, suatu hari melewati pohon saat akan menuju gedung pengadilan. Kaisar menikmati daun dan ranting pohon tersebut.

Seorang bawahan Yuwenshiji, berdiri mendekat dan berusaha menyanjung kaisar dengan mengatakan hal yang baik tentang pohon itu. Tang Taizong mencela pujiannya, "Wei Zheng mengajarkan saya untuk menjauhi mereka yang berkarakter rendah itu.  Meskipun Anda mungkin satu diantara mereka, tetapi saya tidak yakin hingga kini." Yuwenshiji menjatuhkan diri dan memohon maaf.

Konfisius mengatakan, "Saya menganggap mereka yang berkarakter rendah yang berlidah tajam akan membahayakan negaranya, tapi kita juga harus menjaga jarak dari orang yang berusaha menyanjung.

Orang yang suka menyanjung adalah orang licik yang dapat mengetahui apa yang diinginkan atasannya dan bagaimana membuat mereka senang. Pada akhirnya, orang ini akan membumbui sesuatu, memutar kebenaran dan membahayakan untuk orang yang jujur dan lurus. Oleh karena itu, berhati-hati pada seorang penyanjung!"

Kritikan terbuka yang diterima Yuwneshiji merupakan contoh yang baik dari masalah ini.

Tidak sulit untuk mengetahui seseorang yang berkarakter rendah. Seorang yang bicara jujur, berani mengutarakan apa yang ada dalam pikiran, adalah orang yang lurus. Orang yang berusaha menjilat dan menyanjung adalah licik dan berkomplot. [Betty Sang / Palembang]

EMAIL KAMI

Anda juga bisa mengirim berita Tionghoa atau artikel lain untuk tampil dalam situs ini, dengan cara kirim ke alamat email: tionghoanews@yahoo.co.id

MENU LINKS

http://berita.tionghoanews.com
http://internasional.tionghoanews.com
http://budaya.tionghoanews.com
http://kehidupan.tionghoanews.com
http://kesehatan.tionghoanews.com
http://iptek.tionghoanews.com
http://kisah.tionghoanews.com

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA