KEHIDUPAN | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Jumat, 13 Juli 2012

SIMA GUANG BERTOBAT

Pada dinasti Song, Sima Guang ketika berusia 5 tahun, pada suatu hari dia ingin mengupas kulit kacang kenari, setelah mencoba beberapa waktu, dia sama sekali tidak dapat mengupas kulit kacang kenari tersebut.

Akhirnya seorang pelayannya melihat perbuatannya, lalu membantunya meletakkan kacang kenari kedalam air panas, setelah sejenak dikeluarkan dari air panas, kemudian kulit kacang kenari ini dengan mudah bisa dikupas.

Kebetulan pada saat ini, kakak Sima Guang dari luar berjalan masuk, lalu bertanya kepadanya, "Apakah engkau sendiri yang mengupas kulit kenari ini?"

Sima Guang menjawab, "Benar! saya sendiri yang mengelupas kulit kenari ini."

Kejadian tersebut kebetulan disaksikan dan didengar oleh ayah Sima Guang yang lewat disana, setelah mendengar perkataan Sima Guang, ayahnya lalu memanggil Sima Guang menasehatinya berkata, "Anak kecil, tidak boleh berbohong!" berikutnya menceritakan beberapa cerita dan nasehat menjadi orang yang jujur.

Sima Guang setelah mendengar nasehat ayahnya dia merasa takut, mulai saat itu dia berjanji kepada dirinya sendiri akan bertobat, seumur hidupnya tidak akan berani berbohong lagi. [Siao Wei / Tanjung Pinang]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA