KEHIDUPAN | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Kamis, 07 Februari 2013

SEDERHANAKAN HIDUP ANDA DALAM 6 LANGKAH

Ini terjadi pada kita semua. Kadang Anda bertanya-tanya, bagaimana hidup bisa tiba-tiba menjadi begitu rumit sehingga setiap orang tampak seperti menghalangi. Saat mengalaminya, adalah wajar jika kita memikirkan hari-hari ketika hidup jauh lebih sederhana dan lebih baik, serta betapa indah jadinya jika kita kembali ke saat-saat itu. Hubungan antara kesederhanaan dan peningkatan kualitas hidup sekarang semakin disadari oleh orang-orang. Faktor utama adalah berkurangnya tingkat stres dan ini merupakan hasil alami dari kebiasaan hidup sederhana. Berkurangnya stres membuat Anda menjadi rileks dan membantu Anda mewujudkan hidup sehat.

Jadi bagaimana Anda menurunkan stres? Ada enam cara yang dapat Anda lakukan dan memberi kontribusi bagi peningkatan kualitas hidup dan kesehatan yang baik.

1. Bersihkan Rumah dari Barang Yang Tidak Berguna

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menyingkirkan semua barang berantakan dari rumah Anda. Kita semua memiliki berbagai kebiasaan, salah satunya adalah mengumpulkan berbagai barang dari waktu ke waktu, menyimpannya dengan harapan kita mungkin memerlukan mereka suatu saat nanti. Hari itu tidak pernah datang dan barang ini terus menempati ruang berharga di rumah kita. Setelah Anda menyingkirkan mereka dan membersihkan ruang Anda, Anda akan mengalami perasaan beban berkurang, ketika Anda melihat rumah Anda sekarang bersih dan lapang, Anda tentu merasa lebih baik secara mental. Anda tidak perlu menyingkirkan mereka sekaligus. Luangkan waktu Anda untuk menyingkirkannya, bisa dengan menyumbangkan, menjual atau memberikannya kepada seseorang yang benar-benar membutuhkan. Tindakan murah hati itu sendiri bisa memberi perasaan baik terhadap diri sendiri.

2. Batasi Kegiatan Ekstrakulikuler Keluarga Anda

Wajar bagi Anda untuk menjadi sukarelawan dalam kegiatan ekstra, di mana anggota keluarga juga aktif terlibat. Namun, jika itu mengarah ke situasi di mana setiap anggota keluarga diperlukan untuk berada di tempat dan pada waktu yang berbeda, itu mungkin tidak Anda harapkan, dan terlebih lagi, mungkin juga tidak sesuai dengan saku Anda. Sekarang perlu bagi Anda untuk menetapkan, berkomitmen pada kegiatan-kegiatan yang memberikan kesenangan dan membatasi mereka hanya dalam jumlah satu atau dua kegiatan. Pastikan anak-anak Anda tidak mengambil terlalu banyak kegiatan karena antusiasme mereka. Ini mungkin bersifat sedikit militer tapi akhirnya akan menguntungkan keluarga secara keseluruhan karena semua anggota akan bisa menghabiskan waktu yang berkualitas satu sama lain.

3. Kurangi atau Benar-Benar Hentikan Membeli Barang Baru

Hati-hati mengevaluasi pilihan sebelum pergi untuk sebuah "pesta belanja". Lakukan pembelian dengan bijaksana dan hindari membeli sesuatu yang hanya menyentuh perasaan senang Anda. Kecuali Anda benar-benar menginginkan, jangan membelinya. Pikirkan sejenak dan kemudian baru putuskan. Membeli barang-barang yang kita pikir perlu untuk dibeli, kemudian menemukan itu hanya tertutup debu dan mendekam di suatu tempat di rumah dalam waktu lama, adalah suatu hal yang umum bagi sebagian dari kita. Bersikap disiplin dan bijak dalam membeli,  tidak hanya akan membantu Anda menghemat uang tetapi juga mengurangi timbunan barang di rumah Anda.

4. Jaga Jarak Dari Orang Yang Selalu Bersikap Negatif atau Hanya Mengatakan Hal-Hal Negatif

Anda harus membaurkan diri dengan orang-orang yang positif. Hidup telah menjadi sulit dan Anda tidak ingin lebih banyak orang menambahkan situasi penuh tekanan melalui ucapan dan komentar mereka yang negatif. Ya, sulit menghindari orang, tetapi Anda mungkin bisa menjauhkan diri dari orang-orang yang Anda tahu selalu menggunakan pendekatan negatif. Cari orang-orang yang bermental positif dan mereka yang optimis akan berbagai hal. Pendekatan dan kata-kata mereka tentunya bisa memberi pengaruh yang diinginkan pada kondisi mental Anda dan Anda akan merasa lebih percaya diri tentang masa kini. Ini juga akan membantu Anda menghadapi setiap kemunduran yang Anda alami dan situasi buruk yang coba Anda atasi.

5. Luangkan Waktu Untuk Menyiapkan Makanan

Dari pada hanya makan makanan yang menarik bagi Anda dan keluarga pada saat itu, lebih baik meluangkan waktu untuk duduk dan menyiapkan daftar bahan agar makanan terpola lebih baik. Ini tidak hanya menghemat uang tetapi juga waktu dan usaha. Anda bisa menyiapkan makanan yang lebih sederhana, memberi Anda lebih banyak kesempatan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Karena terburu-buru atau kurang perencanaan, secara teratur mengkonsumsi makanan cepat saji juga berbahaya bagi kesehatan Anda.

6. Manfaatkan Pengaturan Otomatis

Jika memungkinkan, manfaatkan pengaturan otomatis. Manfaatkan program pada sistem pemanas dan pendingin, timer pada sprinkler, fungsi otomatis pembayaran, fasilitas deposito dan sebagainya. Menghindari pengerjaan manual akan mengurangi stress dan memberi Anda lebih banyak waktu untuk diri sendiri. Kita harus menggunakan teknologi dengan tepat dan Anda akan terkejut pada banyaknya waktu dan usaha yang Anda hemat dengan cara ini.

Tanpa perlu dikatakan, untuk membuat perubahan di atas, Anda harus membuang dan melepaskan beberapa kebiasaan lama. Itu akan sulit pada awalnya tapi ketika Anda membuat perubahan secara bertahap dan menemukan manfaatnya, Anda akan merasa termotivasi untuk melakukannya lebih baik lagi. [Widya Wong / Pontianak]

* DA JIA PENG YOU - XIN NIEN KUAI LE - GONG XI FA CHAI *

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA