KEHIDUPAN | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Jumat, 21 September 2012

YAN SHU PEJABAT YANG JUJUR DAN SETIA

Konfusius berkata, "Orang-orang tanpa ketulusan dan kesetiaan tidak dapat dipercaya."

Dalam budaya tradisional Tiongkok, tidak peduli mereka berasal dari kalangan pejabat, bangsawan maupun rakyat jelata.

Kriteria yang paling penting bagi seseorang untuk menjadi seorang pejabat adalah orang-orang yang setia, tulus mulia dan memiliki karakter moral yang baik akan mendapat penghormatan.  

Jika seseorang memiliki kemampuan yang besar dan kepandaian, tetapi jika hatinya tidak lurus maka ia tidak akan bisa menjadi seorang pejabat. Oleh karena Yan Shu memiliki karakter besar tentang kejujuran, maka dia kemudian menjadi salah satu pejabat yang sangat penting dalam pemerintahan kekaisaran Dinasti Song.

Yan Shu (晏殊) 991-1055 hidup pada periode Dinasti Song Cina kuno. Dia adalah seorang perdana menteri pertama dari provinsi Fuzhou Jiangxi dan  juga seorang penyair terkenal, penulis dan esais. Ketika ia masih muda, dia adalah seorang yang baik hati, jujur, cerdas, dan anak pekerja keras. 

Ketika Yan Shu baru berusia tujuh tahun, dia sudah mampu menulis puisi sampai melewati ukuran standar dan pada usia 15 tahun kecerdasan dan kebijaksanaannya telah mencapai tingkat tertinggi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Sehingga kehakiman daerah merekomendasikan dia kepada Kaisar Zhen Zong sebagai seorang pemuda yang cerdas dan berbakat.

Yan Shu kemudian bergabung bersama-sama dengan beberapa ribu ulama dari seluruh penjuru negeri untuk mengikuti ujian kekaisaran. Sebenarnya tanpa mengikuti ujian, Yan Shu bisa langsung menjumpai kaisar dan diperiksa oleh Kaisar, tapi dia tetap bersikeras untuk mengikuti ujian kekaisaran.

Dia mengatakan bahwa hanya jika dia mengikuti ujian dengan baik baru dihitung sebagai kemampuannya yang nyata. Kepala ujian kekaisaran akhirnya setuju untuk membiarkan dia mengikuti ujian bersama dengan 3100 orang lainnya.
 
Ketika ujian dimulai dan dia melihat soal ujian, ia pun menyadari bahwa soal ujian itu adalah sesuatu yang telah dilakukannya sebelumnya. Dia memegang pena dan berpikir tentang hal itu, dan kemudian mengangkat tangannya dan berkata, "Yang Mulia, saya baru saja menggunakan topik ini untuk sebuah puisi sepuluh hari yang lalu dan bahkan saya masih ada catatannya. Saya mohon diberikan soalan yang baru." Kepala pengawas ujian setuju dan memberinya topik soalan yang baru.
 
Setelah Yan Shu menerima topik soalan yang baru, dia membacanya beberapa kali, memikirkannya, dan kemudian mengambil pena dan menyelesaikan tulisannya dengan mudah. Kepala ujian terkejut sambil bergumam, ide orang ini begitu hebat dan bisa menyelesaikannya dengan cepat, benar-benar seorang yang jenius.
 
Yan Shu sangat dihormati oleh semua orang karena kejujurannya dalam meminta untuk mengikuti ujian dan meminta topik soal ujian yang lain. Cerita ini tidak hanya dibicarakan di kalangan sesama pengikut ujian, tetapi juga untuk kaisar Zong Zheng 

Kaisar Zhen Zong kemudian segera meminta untuk melihat hasil ujian Yan Zhu dan memujinya, "Anda tidak hanya memiliki bakat asli dan pengetahuan, tetapi yang lebih pentingnya Anda memiliki karakter yang baik dari kejujuran!"

Saat Yan Shu menjabat sebagai pejabat pemerintah, negara aman sehingga semua pejabat diizinkan untuk menikmati hiburan. Semua restoran dan klub dilengkapi dengan ruangan VIP tertutup dengan menggunakan tirai tebal, sehingga para pejabat dapat menikmati hiburan sepuasnya. 

Saat itu, Yan Shu sangat miskin dan tidak mampu untuk membayar biaya hiburan. Sehingga ia tetap tinggal di rumah dan belajar dengan saudara-saudaranya. Suatu hari, ketika kaisar sedang memilih pejabat resmi di Istana Timur tempat kediaman putra mahkota, rumor keluar dari istana kerajaan bahwa kaisar telah mengangkat Yan Shu, dan menteri-menteri lain tidak tahu alasannya. 

Pada hari ketika para menteri hadir di istana, sang kaisar menjelaskan, "Akhir-akhir ini, saya telah mendengar bahwa semua menteri telah bersenang-senang kecuali Yan Shu yang tinggal di rumah dan belajar dengan saudara-saudaranya. Sangat bijaksana dan hemat, dia memiliki kualifikasi untuk menjadi pejabat di Istana Timur. " 

Setelah pertemuan resmi, Yan Shu minta izin untuk bertemu kaisar. Dengan jujur dan lurus Yan Shu menjawab, "Yang Mulia, bukan karena saya tidak suka hiburan, tetapi karena saya tidak punya uang untuk mengikutinya." Kaisar sangat kagum mendengar kata-katanya, karena ia tahu bahwa Yan Shu adalah seorang pejabat yang menjabat dengan kejujuran. 

Karena ketulusan dan kesetiaannya, maka Yan Shu dipromosikan ke posisi penting pada masa Dinasti Song Utara dan menjadi orang yang sangat kaya. Meskipun telah menjadi seorang pejabat tinggi pemerintahan, Yan Shu selalu ramah dan mudah didekati.

Seorang pria yang berjiwa besar seperti Yan Shu menangani urusan politik dengan efisiensi yang besar sehingga kaisar sering berkonsultasi dengannya tentang masalah-masalah yang rumit dan mendengar nasehatnya.  

Pada tahun 1042, Yan Shu dipromosikan sebagai perdana menteri ketika usianya 64 tahun. Ketika ia sedang sakit dan kembali ke ibukota untuk berobat ke dokter, ia diminta oleh kaisar untuk memberikan ceramah klasik dan sejarah. Yan Shu meninggal karena sakit di Kaifeng modal 1055. [Lena Lim / Kisaran]

EMAIL KAMI

Anda juga bisa mengirim berita Tionghoa atau artikel lain untuk tampil dalam situs ini, dengan cara kirim ke alamat email: tionghoanews@yahoo.co.id

MENU LINKS

http://berita.tionghoanews.com
http://internasional.tionghoanews.com
http://budaya.tionghoanews.com
http://kehidupan.tionghoanews.com
http://kesehatan.tionghoanews.com
http://iptek.tionghoanews.com
http://kisah.tionghoanews.com

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA