KEHIDUPAN | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Sabtu, 11 Agustus 2012

BELAJAR MEMAAFKAN ORANG LAIN

Pada suatu hari guru kami menyuruh seluruh murid di dalam kelas keesokkan hari membawa sebuah kantong besar ke sekolah, dia juga menyuruh kami membawa sekantong kentang.

Keesokkan hari ketika tiba jam belajar, guru menyuruh kami menulis nama orang yang tidak ingin kami maafkan, serta menulis kesalahan dan tanggal orang tersebut berbuat kesalahan terhadap anda diatas kentang tersebut, lalu letakkan kentang tersebut kedalam kantong, ini adalah tugas kami selama sepekan.    

Pada hari pertama terasa sangat menyenangkan, ketika tiba waktu pulang sekolah, di kantong saya telah berisi 9 buah kentang, Jane mengatakan potongan rambut baru saya sangat jelek, Bobby memukul kepala saya, Jack sebenarnya tahu saya ingin meningkatkan prestasi belajar saya, tetapi dia tidak membiarkan saya menyalin PR-nya…..setiap hal tersebut membiarkan saya membuang sebuah kentang ke dalam kantong tersebut. Dan saya bersumpah tidak akan memaafkan mereka semua.

Guru juga berpesan, PR kami selama sepekan ini, walaupun kami kemana saja tetap harus membawa kantong tersebut, ke sekolah, pulang ke rumah, atau pergi bermain ketempat tempat tetap harus dibawa.

Baiklah ! Selama seminggu, sekantong kentang tersebut mulai menjadi beban yang berat bagi kami, saya telah memasukkan 50 buah lebih kentang tersebut kedalam kantong, dia sungguh menjadi beban berat bagi saya, saya sudah tidak sabaran menunggu pekan ini cepat berlalu.  

Setelah sepekan guru bertanya, "Apakah kalian telah mengetahui apa akibatnya tidak mau memaafkan orang lain ? Akan menjadi tekaman dan beban berat diatas pundak kalian,  semakin banyak orang yang tidak ingin kalian maafkan, beban ini menjadi semakin berat, bagaimana engkau menghadapi beban berat ini ?."

Guru berhenti berkata beberapa saat, sengaja membiarkan kami merenung, lalu dia sendiri menjawab, "Lepaskan saja ! Sebenarnya waktu bisa membuat orang menjadi sadar, merasa tidak bisa memaafkan orang lain, sehingga membuat diri kita sendiri makin susah dan tidak bisa gembira."

Mempertahankan prinsip kebaikan hati kita sendiri, sebenarnya tidak ada yang tidak bisa dimaafkan. Belajarlah membuat diri sendiri senantiasa suka memaafkan orang lain, maka hidup akan lebih bermaksa dan lebih bahagia. [Stella Liu / Jember]

Iklan baris:
MELAYANI IMPORT BORONGAN DARI SINGAPORE TO JABODETABEK RP.45.000 PER KG
Kontak Telp: 021-26264750 Fax: 021-26264760 Hp.0856-755-0123, 0812-9855-8800 Email: pttci@yahoo.co.id
.

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA