KEHIDUPAN | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Jumat, 08 Februari 2013

PENGURANGAN DALAM KEHIDUPAN

Dulu ada seorang pedagang kaya raya di Taipei, mengelola banyak sekali penginapan. Setiap membuka penginapan yang baru, pasti lebih megah dan mewah dibandingkan sebelumnya. Kemudian dia menderita sakit keras, pindah dan tinggal di Amerika Serikat selama sepuluh tahun.

Kini dia kembali ke Taipei. Dia berkata bahwa konsepnya sekarang sudah berubah total. Penginapan yang dulu dia kelola, desainnya menggunakan "cara penambahan". Sekarang ini dituntut untuk menggunakan "cara pengurangan", sehingga penginapan baru lebih hemat dibandingkan penginapan yang sebelumnya, bukan hanya modal dasarnya rendah, pengembalian modal juga lebih cepat, lagi pula lebih mudah dirapikan.

Saya kira bukan hanya desain saja, kita juga bisa menggunakan cara pengurangan dalam kehidupan ini, maka gunakanlah cara pengurangan dalam paruh hidup Anda!

Sebenarnya semakin banyak yang Anda miliki dalam dunia fana ini, kerisauan juga semakin banyak. Memiliki sebuah rumah, mempunyai sebuah kerisauan, memiliki dua rumah, kerisauan juga menjadi berlipat ganda. Harta kekayaan semakin banyak diwariskan ke anak cucu, kerisauan semakin besar. Segala materi yang berada di dunia, kita hanya bisa menikmati, tidak mungkin bisa kita miliki, lalu mengapa harus di kuasai?

Kita bisa berbagi atas materi yang kita miliki sendiri, membiarkan kasih ini tersebar keluar. Saya rasa hal yang paling penting adalah memastikan sekarang, saat sekarang ini, keadaan sekarang ini, benda atau materi sekarang ini, di saat kita hadir sendiri di sini, apakah saya benar-benar serius menikmati, menghayati, bersyukur. Saat-saat inilah barulah saat-saat yang kita butuhkan.

Sekarang sudah waktunya kita menggunakan pengurangan dalam kehidupan. Sering-sering mengingatkan diri sendiri untuk melepaskan nafsu tuntutan kita terhadap dunia, melepas rasa kerinduan dalam hati, melepas rasa dendam terhadap orang lain, melewati kehidupan ini dengan cara pengurangan, dengan ringan menghadapi kehidupan.

Ketika manusia tidak memiliki apa-apa, lebih mudah merasakan kepuasan. Begitu memiliki, pasti akan merasa memiliki satu kurang sembilan, sebaliknya malahan merasa tidak cukup. Mengenal kepuasan selalu riang dan gembira, tuntutan keinginan semakin sedikit semakin bagus, melewati kehidupan dengan sederhana, akan memiliki kegembiraan dalam kehidupan. [Olivia Li / Bandung]

* DA JIA PENG YOU - XIN NIEN KUAI LE - GONG XI FA CHAI *

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA