KEHIDUPAN | TIONGHOANEWS


Selamat datang berkunjung dalam situs blog milik warga Tionghoa Indonesia. Disini kita bisa berbagi berita tentang kegiatan/kejadian tentang Tionghoa seluruh Indonesia dan berbagi artikel-artikel bermanfaat untuk sesama Tionghoa. Jangan lupa partisipasi anda mengajak teman-teman Tionghoa anda untuk ikutan bergabung dalam situs blog ini.

Selasa, 24 Juli 2012

MEMBALAS KEJAHATAN DENGAN KEBAJIKAN

Dalam menyelesaikan suatu masalah, terkadang bukan dengan kekerasan, tetapi kita harus dengan hati yang lapang dada, toleransi. Dengan kebaikan membalas kejahatan, malahan dengan demikian dapat menyelesaian masalah dengan damai, membuat hal yang buruk menjadi baik. 

Shung Chiu dari kerajaan Wei diutus menjabat sebagai hakim di sebuah kabupaten.

Kabupaten ini letaknya berbatasan dengan kerajaan Chu. Ditempat ini terkenal dengan buah semangkanya. Meski sama-sama semangka, namun ada perbedaan mencolok mengenai cara menanam dan memelihara antara kedua kerajaan itu.

Petani semangka di kerajaan Wei sangat rajin, mereka setiap hari menyiram semangkanya. Oleh sebab itu pohon semangka mereka cepat besar dan buahnya juga besar-besar dan manis. Sementara itu petani dikerajaan Chu sangat malas, mereka jarang bahkan tidak pernah menyiram dan merawat pohon semangkanya, sehingga pohonnya kurus dan tidak bisa tumbuh dengan sempurna.

Raja dari kerajaan Chu melihat semangka kerajaan Wei tumbuh dengan subur serta buahnya besar-besar lalu menyalahkan petani di kerajaannya. Namun petani di kerajaan Chu tidak mencari masalah di dalam diri mereka, malahan mereka menyalahkan petani kerajaan Wei. Mereka iri mengapa mereka bisa menanam pohon semangka menjadi demikian subur, buahnya besar serta manis. Oleh sebab itu, petani kerajaan Chu mencari akal untuk merusak pohon semangka kerajaan Wei.

Setiap malam mereka akan mengendap-endap ke ladang semangka kerajaan Wei mencuri semangka, serta mencabut pohon semangka mereka. Oleh sebab itu setiap pagi petani kerajaan Wei melihat banyak pohon semangka mereka yang mati dan buah semangka yang hilang.

Petani kerajaan Wei setelah menyadari masalah ini, mereka sangat marah dan mereka bermaksud malam hari akan pergi ke ladang semangka kerajaan Chu membalas dendam. Tetapi ada seorang petani tua menghalangi mereka berbuat demikian serta berkata, "Kita sampaikan masalah ini kepada hakim saja, meminta pendapatnya apa yang harus kita lakukan?"

Mereka semua akhirnya pergi ke kantor hakim Shung Chiu. Hakim Shung dengan sabar menghimbau rakyatnya serta berkata, "Jangan berpikiran sempit, jika kita terus saling membalas dendam maka kebencian tersebut akan semakin besar. Yang akhirnya hanya akan menimbulkan malapetaka, saya kira cara yang terbaik adalah kalian jangan menghiraukan perbuatan mereka. Setiap hari kalian mengutus orang untuk pergi ke ladang mereka untuk menyirami semangka mereka. Lebih bagus pergi diam-diam di malam hari, jangan membiarkan mereka mengetahuinya."

Penduduk kerajaan Wei mengikuti nasehat hakim Shung. Oleh sebab itu, tidak berapa lama kemudian ladang semangka di kerajaan Chu sehari demi sehari menjadi makin subur dan dengan cepat berbuah yang besar dan manis.

Penduduk kerajaan Chu merasa heran ladang mereka sepertinya setiap hari disirami orang. Mereka saling bertanya, tapi tidak ada seorangpun mengetahui masalah ini. Oleh sebab itu mereka diam-diam menyelidikinya. Mereka melihat ternyata penduduk kerajaan Wei yang setiap malam pergi ke ladang mereka dan menyiram tanaman mereka. Penduduk kerajaan Chu merasa sangat terharu dan malu.

Segera masalah ini terdengar oleh raja di kerajaan Chu, dia juga sangat terharu dan gembira juga merasa malu. Dia tidak seperti hakim dari kerajaan Wei. Dia lalu menulis laporan kepada raja Chu. Raja Chu pun merasa terharu, bersamaan dengan itu dia juga merasa malu dan tidak tenang.

Akhirnya, dia mengutus orang untuk membawa hadiah menghadap raja Wei, berharap dapat bersahabat dengan kerajaan Wei. Raja Wei setuju, mulai saat itu kedua kerajaan bersahabat karib. Penduduk di kedua perbatasan juga bersahabat bahkan seperti keluarga sendiri dan tanaman semangka mereka sama-sama besar-besar dan manis. [Winda Ong / Bengkulu]

ARTIKEL YANG BERKAITAN

Mari kita dukung kiriman artikel-artikel dari teman-teman Tionghoa, dengan cara klik "SUKA" dan teruskan artikel kesukaan Anda ke dalam facebook, twitter & googleplus Anda.

TERBARU HARI INI

ARTIKEL: INTERNASIONAL

ARTIKEL: BUDAYA

ARTIKEL: KESEHATAN

ARTIKEL: IPTEK

ARTIKEL: KISAH

ARTIKEL: BERITA